Hai teman-teman sering kan liat brand merek terkenal kaya adidas, apple, microsoft atau yang lainnya?, sebenernya apa sih brand itu? Brand Anda adalah magnet yang menarik konsumen kepada produk atau layanan Anda. Di samping memiliki produk yang baik dan berkualitas, sebuah produk juga harus memiliki nama brand yang bagus agar Brand atau Merek produk Anda selalu diingat oleh konsumen. Di bawah ini merupakan 10 tips agar brand Anda menarik dan mudah diingat oleh konsumen.
1. Memahami nilai desain dari identitas brand Anda.
Sebaiknya anda bisa pahami bahwa brand ini sangat penting bagi perusahaan anda dan nantinya harus selalu dijaga, seperti perusahaan apple menjaga logo brand nya anda juga harus berbuat demikian.
2. Kenali diri Anda.
Mulailah dengan identitas perusahaan Anda. Apa karakter yang ditunjukkan brand Anda pada bentuk yang paling sederhana? Anda yang harus menentukan inti dari filosofi Anda sendiri.
3. Pertimbangkan karakter brand Anda sejak awal.
pertimbangkan karakter dari brand anda, jika anda sudah salah dalam mempertimbangkan hal tersebut maka brand anda akan sulit untuk bisa dimaknai konsumen.
4. Pilih mitra desain Anda dengan hati-hati.
Chemistry merupakan hal yang penting. Kadang-kadang pengusaha kecil tidak mendapatkan perhatian yang mereka butuhkan, jadi pastikan Anda bekerja dengan seseorang yang peduli tentang Anda dan bisnis Anda, dan siapa yang benar-benar memahami Anda.
5. Tetap jujur pada diri sendiri.
Merek berevolusi. Apple telah berubah sedikit, tetapi perubahan tersebut selalu direncanakan dan dijaga selama beberapa dekade dengan baik. Keaslian adalah kunci dari setiap merek yang sukses.
6. Sesuaikan nama brand atau merek dengan target pasar
Sesuaikan nama brand dengan target pasar yang anda bidik. misal anda ingin membangun sebuah kedai cokelat yang menargetkan anak muda maka seharusnya anda memakai embel-embel anak muda seperti kedai cokelat cinta atau kedai cokelat anti galau.
7. Hindari Penggunaan singkatan konsonan dan angka
Singkatan konsonan dapat membuat nama brand atau merek anda lebih sukar diingat. Selain itu singkatan konsonan juga lebih sukar terasosiasi oleh produknya.
Singkatan konsonan dapat membuat nama brand atau merek anda lebih sukar diingat. Selain itu singkatan konsonan juga lebih sukar terasosiasi oleh produknya.
8. Buat nama brand atau merek dengan nama yang nyeleneh
Ya, buat saja nama brand atau merek yang nyeleneh agar mudah diingat. Kita bisa lihat kesuksesan dari produk yang menggunakan metode ini, misalnya Rawon Setan maupun Soto Gebrak.
9. Mudah diucapkan dan diingat
Recengkokitananitu, cobalah anda baca kata tersebut. Saya jamin lidah anda akan keriting membacanya. Nama yang mudah untuk diingat adalah nama dengan yang terdiri dari dua sampai empat suku kata namun tidak bertabrakan dengan 2-3 konsonan. Misalnya Kaos Gaul akan lebih baik daripada KaoSSport karena lebih mudah diucapkan dan tidak bertabrakan dengan konsonan.
10. Buat diferensiasi produk
Buatlah orang langsung “ngeh” dengan produk anda. Orang langsung akan mengetahui perbedaan yang dari produk anda. Misalnya saja Oseng Mercon dimana orang akan langsung ngeh jika makanan ini merupakan makanan yang sangat pedas.
nah semoga anda bisa buat brand anda sendiri yang tentunya akan mengangkat perusahaan anda.
No comments:
Post a Comment